Satu Sore di Kenichi

Ini cerita kejadian beneran, udah agak lama, beberapa minggu yang lalu. Aku liat sendiri langsung di TKP. Meskipun cuma jadi pengamat dan pencerita, tapi tiap keinget tetap rasanya hati miris. Ini.


Satu sore hari, di Kenichi Riau, aku ke sana untuk cari makan, karena sudah kelaparan akut dan memang habis itu aku ada Kumon. Dan aku ingat itu hari sekolah karena pas kejadian aku pakai seragam.

Setelah taro tas di salah satu meja, aku ikut antri di kasir paling ujung kanan. Dan memang saat itu lagi jam penuh, banyak orang yang makan siangnya ngaret sampai jam 3/4an, including me.
Sambil nungguin antrian, aku liat-liat kanan kiri. 

Awalnya sih ga ngeh, cuman pas liat ada anak perempuan sekitar kelas 1/2 SD, pake sandal, baju tangan pendek, dan dikerudung, dan juga ga bisa diem, cuma mikir, "Ini anak siapa sih? Perasaan dari tadi nyelap-nyelip ga jelas di antrian."
Terus pas diliat lagi, anak itu nyempil-nyempil di depan, ada sama orang terus ada anak-anak juga, dan aku pikir, "Oooh, anaknya orang itu."

Tapi setelah orang itu pergi dan antrian maju, anak itu ga ikut pergi. Yaudah jadi objek pengamatan. Setelah itu, anak itu kelinteran keliling-keliling, dan dia berhenti di depan bapak-bapak berperut ndut, sekitar 50 tahunan, kumisan, dan dia ngeliatin bapak-bapak itu. Beneran yang namanya ngeliatin, sampai akhirnya si Bapak-bapak itu angkat alis dan terheran-heran ngeliat balik ke anak itu. Dan anak itu nyelip ke depan, ke barisan di sebelah barisanku. Aku udah pesen makan, lagi nunggu.

Di sebelah aku, ada orang, yah, bapak-bapak umur 30/40an yang baru mau pesen. Anak perempuan itu ngeliatin daftar menu dan juga bapak-bapak itu. Aku ngeliat anak itu terus ngeliat si bapak-bapak itu, dan bapak-bapak itu juga ngeliat anak perempuan itu terus balik ngeliat aku. Aku diam ngeliatin. Dan kasir pun bertanya sama bapak-bapak itu:

"Silahkan, mau pesan apa?"
"Iya, pesen.... (aku lupa dia pesen apa)"
"Ada lagi yang bisa dibantu?"
Agak terburu-buru, bapak itu menjawab, "Iya, ini sama gatau dia mau pesen apa." sambil nunjuk anak perempuan itu.

Lalu bapak-bapak itu nanya ke anak perempuan itu, "Mau pesen apa?"
Anak itu cuma diam, ngeliatin menu sambil gigit bibir. Bingung. Sampai dua kali ditanya gaada jawaban, akhirnya bapak-bapak itu bilang, "Mau apa? Ayam? 1 ayam, 1 nasi, 1 minum, iya?" 
Anak perempuan itu mengangguk. "Dibungkus ya?" Anak itu ngangguk lagi. 

Aku ga sempet liat akhirnya gimana, karena pesananku juga udah datang jadi aku harus cepet-cepat ke meja, mana lagi ada ibu-ibu yang gamau ngantri jadi udah main berdiri aja di sebelah aku.

Tapi sambil jalan ke meja bawa pesanan dan sambil curi-curi liat juga, kayaknya anak itu udah keluar sambil bawa kresek isi 1 ayam, 1 nasi, dan 1 minum. Dan dalam hati juga berdoa, mudah-mudahan rezeki si bapak-bapak yang udah beliin anak perempuan tadi makan diganti dengan yang lebih baik lagi sama Allah, aaamiin.

Aku gatau apakah anak perempuan yang waktu itu anak jalanan atau bukan, tapi perkiraan aku iya. Aku gatau kenapa dia begitu, memang disuruh atau memang sudah terdesak. Tapi yang jelas, rasanya miris. Kita begitu sibuk dengan urusan masing-masing sampai-sampai lupa kalau ada yang untuk bisa makan 1x 1 hari aja, susah.  

Comments